Biografi Soekarno

Biografi Soekarno

Biografi Soekarno

Biografi Soekarno

Soekarno merupakan presiden pertama untuk Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan soekarno. Seluruh warga indonesia pasti mengenalnya, bahkan nama soekarno sudah dikenal hingga luar negeri. Soekarno merupakan sosok pemimpin yang memiliki kharisma dan dan ciri khas yang unik dalam memimpin. Pidato yang disampaikan oleh belai selalu menggugah rakyat Indonesia. Untuk lebih mengenal sosok soekarno, berikut biografi soekarno.

Profil Soekarno | Biografi Soekarno

Soekarno lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan beliau meningal di usia 69 tahun yaitu pada tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta. Raden Soekemi Sosrodihardjo merupakan ayah dari Soekarno dan dan ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai.

Soekarno dikaruniai 8 anak dari 3 istri yaitu Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan Guruh dari istrinya yang bernama Fatmawati. Kemudian Taufan dan Bayu dari istrinya bernama Hartini, sedangkan anak yang bernama Kartika dari istri yang bernama Ratna Sari Dewi.

Biografi Soekarno

Biografi Soekarno

Nama Soekarno | Biografi Soekarno

Koesno Sosrodihardjo adalah nama awal yang diberikan oleh orangtuanya. Namun ketika berumur lima tahun nama tersebut dirubah menjadi Soekarno oleh ayahnya, ini karena beliau sering sakit. Nama itu diambil dari seorang panglima perang bernama karna dalam kisah Bharata. Nama “Karna” tersebut berubah menjadi “Karno” hal ini dikarenakan  didalam bahasa Jawa huruf “a” itu berubah menjadi huruf “o” sedangkan kata awalannya adalah  “su” yang memiliki arti “baik”.

Ada sebutan akrab untuk soekarno yaitu bung karno. Ketika soekarno menjadi Presiden Republik Indonesia, ejaan nama Soekarno tersebut diganti oleh beliau sendiri menjadi Sukarno, hal ini karena menurut beliau nama itu menggunakan ejaan Belanda. Tetapi beliau tetap menggunakan nama Soekarno tersebut dalam setiap tanda tangannya, hal ini  dikarenakan tanda tangan itu adalah tanda tangan yang tercantum pada Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang tidak boleh diubah.

Kehidupan Soekarno | Biografi Soekarno

Biografi Soekarno

Biografi Soekarno

Awalnya soekarno sekolah di Tulung Agung kemudian pindah ke Mojokerto yaitu di Eerste Inlandse School mengikuti orangtuanya yang ditugaskan di kota tersebut.  Kemudian beliau dipindahkan ke Europeesche Lagere School, hal ini dimaksudkan agar memudahkannya diterima di Hoogere Burger School. Kemudian setelah lulus dari  di Europeesche Lagere School, beliau melanjutkan Hoogere Burger School di Surabaya.

 Di Surabaya, Soekarno aktif dalam kegiatan organisasi pemuda Tri Koro Darmo yang dibentuk dari Budi Utomo , dan kemudian pada tahun 1918 namanya diganti menjadi Jong Java. Selain aktif di organisasi, Soekarno juga suka menulis. Hal ini terbukti bahwa beliau aktif menulis di sebuah harian yang dipimpin oleh Tjokroaminoto, harian itu bernama “Oetoesan Hindia”.

Pada tahun 1920, Soekarno tamat dari Hoogere Burger School , dan kemudian soekarno melanjutkan ke sekolah tinggi Technische Hoge School yang sekarang namanya adalah institut teknologi bandung ( ITB ) dengan teknik sipil sebagai jurusan yang diambil. Dan kemudian tamat dari sekolah tersebut pada 1925.

Masa pergerakan nasional Soekarno | Biografi Soekarno

Soekarno mendirikan Algemene Studie Club di Bandung  pada tahun 1926 kemudian organisasi itu menjadi cikal bakal lahirnya Partai Nasional Indonesia pada tahun 1927.  Soekarno ditangkap belanda karena Aktifitasnya di PNI dan dibebaskan pada  31 Desember 1931.

Kemudian Soekarno bergabung dengan Partai Indonesia, dan Soekarno kembali ditangkap dan diasingkan ke Flores. Soekarno diasingkan kebengkulu dari tahun 1938 sampai. Dan bebas tahun 1942,pada masa penjajahan Jepang.

Soekarno menjadi Presiden pertama indonesia | Biografi Soekarno

Setelah melalui perjalanan perjuangan yang begitu panjang dalam waktu yang lumayan lama, pada tanggal 17 agustus 1945 Soekarno dan Moh. Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia. Soekarno  terpilih secara aklamasi sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama dan Mohammad Hatta  sebagai wakil presiden dalam sidang PPKI yang dilakukan pada 18 Agustus 1945. Dan pengangkatan Soekarno menjadi presiden dan Mohammad Hatta sebagai wakil presiden dikukuhkan oleh KNIP yang dilakukan pada tanggal 29 Agustus 1945.

Sebelum itu, Soekarno mengemukakan gagasannya tentang dasar negara Dalam sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945, gagasan tersebut diberi nama Pancasila. Yang kemudian pancasila tersebut menjadi dasar ideologi Republik Indonesia

Masa Kemunduran Soekarno | Biografi Soekarno

Biografi Soekarno

Biografi Soekarno

Pada tahun 1965 terjadi peristiwa  G30S yang membuat Situasi politik negara Indonesia menjadi tidak menentu. Massa melakukan demonstrasi dan menyampaikan  “Tritura” dengan isinya salah satunya adalah meminta agar Partai Komunis Indonesia tersebut  dibubarkan. Tetapi Presiden Soekarno menolak tuntutan tersebut yaitu tuntutan untuk dapat membubarkan Partai Komunis Indonesia. Karena sikap presiden soekarno yang menolak untuk dapat membuabarkan Partai Komunis Indonesia, hal ini kemudian menyebabkan posisi soekarno melemahkan dalam politik pada saat itu.

Setalah 5 bulan, keluarlah surat perintah sebelas maret yang di tandatangani oleh presiden Soekarno, yang isinya merupakan perintah kepada Letnat Jendral Soeharto untuk dapat mengambil suatu tindakan yang bertujuan untuk menjaga keamanan pemerintahan dan keselamatan presiden soekarno. Adapun Langkah yang dilakukan oleh Soeharto adalah membubarkan Partai Komunis Indonesia dan menyatakannya bahwa Partai Komunis Indonesia merupakan organisasi yang terlarang.

Pada 22 juni 1966 , soekarno menyampaikan pidato pertanggungjawabannya pertama, dan kemudian pidato untuk melengkapi pidato yang pertama disampaikan  soekarno pada 10 januari 1967. tetapi yang terjadi,  pidato pertanggungjawaban yang disampaikan oleh soekarno tersebut  ditolak oleh MPRS.

Dan pada akhirnya MPRS mencabut kekuasaan Soekarno selaku presiden Republik Indonesia. Dan kemudian mengangkat Soeharto sebagai Presiden Republik Indonesia. Soeharto resmi diangkat menjadi presiden kedua Republik Indonesia pada tanggal 12 Maret 1967.

Soekarno Sakit hingga meninggal | Biografi Soekarno

Biografi Soekarno

Biografi Soekarno

Sejak bulan agustus 1965, kondisi Soekarno mulai menurun. Dan telah berobat ke berbagai rumah sakit hingga ke luar negeri, namun pada Tanggal 21 Juni 1970 jam 07.00 Soekarno meninggal dunia. Soekarno dimakamkan keesokan harinya di belitar, bersebelahan dengan makam ibunya.

Semoga, artikel yang berjudul ” Biografi Soekarno” ini berguna. Setelah melihat Biografi Seokarno, silahkan lihat biografi Mario teguh atau Biografi lainnya di blog ini. terima kasih.

Add Comment


*