Inilah 15 Fakta Unik Tentang Makanan Rendang Khas Padang Indonesia

Inilah 15 Fakta Unik Tentang Makanan Rendang Khas Padang Indonesia

Inilah 15 Fakta Unik Tentang Makanan Rendang Khas Padang Indonesia

Rendang merupakan makanan yang tersohor bukan hanya di negara indonesia bahkan sampai ke mancanegara. Makanan asli padang ini umumnya berbahan dasar daging sapi yang dimasak dengan santan beserta bumbu bumbu hingga mengering dan berwarna coklat kehitaman. Rasanya yang pedas dan gurih dengan bumbu bumbu yang melekat pada daging, tak heran membuat rendang memiliki tempat spesial di hati penikmatnya. Rendang saat ini sudah mulai dijual secara online. Rendang online dijual dalam bentuk rendang kemasan yang dikemas dengan plastik dan bahan pembungkus lainnya.

Uniknya makanan yang satu ini bisa bertahan hingga tiga bulan, dan yang tak kalah mengheohkan adalah semakin dipanaskan maka rasanya semakin nikmat dan lezat. Karena keunikannya inilah banyak masyarakat memanfaatkan rendang untuk dibawa saat bepergian jauh, misalnya ke tanah suci pada saat musim haji.

Selain dua keunikan tadi, masih banyak fakta dan keunikan seputar rendang berikut ini:

  1. Rendang menjadi makanan nomor satu dalam World’s 50 Delicious Food versi CNN Internasional, oleh sebab itulah rendang kini telah dikenal oleh dunia.
  2. Dahulunya rendang adalah makanan yang hanya disajikan khusus kaum bangsawan.
  3. Rendang hanya dimasak menggunakan kelapa yang tua, hal ini bertujuan untuk memperoleh cita rasa nikmat yang berasal dari santan kelapa tersebut.
  4. Masakan akan disebut rendang, jika kita memasak hingga kuah benar benar mengering. Jika kita memasak dengan api kecil maka akan menghasilkan makanan yang bernama kari daging, jika prpses memasaknya lebih lama lagi dan kuah tidak sampai kering maka akan menjadi makanan yang dinamakan kalio daging.
  5. Para turis asing sering mencari rendang untuk dicicipi saat kuliner internasional.
  6. Rendang memiliki cita rasa india, meskipun berasal dari sumatera barat.
  7. Yang harus diutamakan saat memeasak rendang adalah pengaddukan yang harus dilakukan secara terus menerus hingga rendang berwarna kehitaman.
  8. Rendang memiliki cita rasa khas mediterania Eropa Timur dan india sehingga banyak orang eropa yang menyukainya.
  9. Saat memasak rendang sebaiknya menggunakan api dari kayu bakar, karena akan menghasilkan panas yang membuat daging masak sempurna.
  10. Rendang diperkirakan sudah ada sejak abad ke 8 yaitu pada masa kerajaan Adityawarman.
  11. Rendang memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat minang yaitu: dagiang (daging sapi) yang melambangkan Niniak Mamak (para pemimpin suku adat), karambia (kelapa) merupakan lambang Cadiak Pandai (kaum intelektual), lado (cabai) merupakan lambang Alim Ulama yang pedas dan tegas untuk mengajarkan syarak (agama), pemasak (bumbu) yang merupakan lambang dari keseluruhan masyarakat Minang
  12. Rendang berasal dari daerah pegunungan, khususnya pariangan, padang, sumatera barat. Kemudian rendang merambah hingga ke manca negara.
  13. Pada awalnya rendang dibuat karena masyarakat minang menginginkan lauk yang dapat dibawa serta tahan lama, kebanyakan masyarakat minang gemar merantau. Selain itu juga saat pergi berhaji, mereka sering membawa bekal. Oleh sebab itulah rendang dibuat dengan cara dikeringkan sehingga menjadi makanan yang awet dan sedap.

Itulah 15 fakta unik tentang  masakan rendang, semoga dapat menambah wawasan anda dan semakin menambah kecintaan kita terhadap tanah air Indonesia yang memiliki sangat banyak keunikan – keunikan yang sangat membanggakan. Jika anda sedang mencari yang jual rendang secara online mungkin anda dapat berkunjung ke rendangdenlapeh.com.

Add Comment


*